Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan

2969 views

Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan – Inilah salah satu musik sebagai sarana penggugah kegiatan sahur . Musik ini sendiri berhasil digagas oleh para pemuda asal Jember. Dengan ciri khas lagu-lagu serta alat-alatnya musik ini mampu menjadi idola bagi warga, namun kesenian musik ini terancam punah dengan semakin berkurangnya kelompok musik patrol di setiap tahunnya.

Carnaval Musik Patrol

Kelompok musik patrol biasanya berhenti disuatu tempat tertentu untuk berlatih lagu-lagu mana yang nantinya akan mereka nanyikan sebelum berkeliling kampung membangunkan orang untuk sahur. Alat musik patrol sebenarnya tidak jauh beda dengan alat kentongan jaga malam, yang memberikan perbedaan disini adalah perbedaan nada tinggi dan nada rendah dari ketongan itu sendiri yang memiliki ukuran berbeda. Kelompok patrol biasanya membawakan lagu-lagu islami misalnya shalawat, puji-pujian dan lagu-lagu madura.

Keberadaan kelompok musik patrol sendiri menghasilkan dua sudut pandang yang berbeda, ada yang memang senang dengan keberadaan kelompok ini yang bertujuan untuk membangunkan orang sahur, namun ada juga beberapa orang yang kurang menerima keberadaan kelompok ini. Mungkin penolakan mereka berdasar pada waktu yang kurang tepat ketika membangunkan sahur, karena terkadang kelompok patrol membangunkan di jam yang sedikit jauh dari jam waktu sahur.

Itulah sedikit informasi Tradisi Musik Patrol di Bulan Ramadhan. Ada dari sahabat muudu yang tertarik untuk bergabung atau membentuk kelompok musik patrol? Salam muudu

Ayo Kirimkan berita unikmu , berita yang menginspirasi , Gambar terlucu , Dan gambar-gambar yang kamu anggap keren di sini !!

Berikan komentar mu di bawah ya ! katakan “mbois” kalo kamu anggap berita diatas sangat keren dan menginspirasi

source :
zipoer7.wordpress.com

Pencarian Terakhir Untuk Artikel Ini :

loading...