Ki Hadjar Dewantara Biografi , Kata kata Bijak dan Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional – Selamat pagi para pembaca , hari ini adalah tepat tanggal 2 mei  , tanggal 2 mei ini adalah tanggal yang sangat mempunyai arti bagi bangsa indonesia . Karena pada tanggal ini di peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional , Namun apakah kalian semua mengerti sejarah dan siapa sosok di balik peringatan Hari Pendidikan Nasional ini , Di bawah ini akan kita paparkan sejarah terlahirnya Hari Pendidikan Nasional .

Ki Hadjar Dewantara Biografi , Kata kata Bijak dan Sejarah Hari Pendidikan Nasional

hardiknas yang selalu jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya, ternyata diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, salah seorang tokoh pendidikan terpenting bagi bangsa Indonesia, yang namanya semakin terkenal pada lembaran sejarah bangsa Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional (hardiknas), yang kerap diperingati oleh bangs Indonesia termasuk di google doodle, semuanya tak luput dari semua jasa dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Inilah sejarah singkat mengenai sosok sang menteri pendidikan pertama bagi Indonesia, yang mempunyai sumbangsih jasa dan pemikirannya untuk kemajuan pendidikan di tanah air yang sangat besar.

– Ki hajar dewantara biografi dan perjalanan hidup
Sebagai salah seorang bangsawan yang sangat besar, baik di lingkungan keraton Yogyakarta, Ki Hadjar Dewantara, atau yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat mendapatkan pendidikan yang sangat layak. Sesudah ia menamatkan sekolah dasar di ELS atau Europeesche Lagere Scholen yaitu sebuah sekolah rendah yang memakai bahasa Belanda selama 7 tahun. Ki hajar dewantara selanjutnya melanjutkan sekolah ke Stovia. Tetapi disayangkan, sekolahnya tak selesai akibat sakit.

Ki Hadjar Dewantara selanjutnya bekerja selaku seorang jurnalis. Ia sangat terkenal andal dalam menyajikan banyak tulisan yang sangat komunikatif, dengan banyak pesan yang bisa membuat semangat dan membangkitkan antikolonialisme untuk para pembaca. Ada dari beberapa harian yang telah tercatat sempat menjadi tempat sang guru bangsa, Ki Hadjar Dewantara dalam menerbitkan tulisannya, sebut saja Sedyotomo, Midden Java, De Express, Tjahaja Timoer, Poesara, Oetoesan Hindia, dan yang terakhir Kaoem Moeda.

Selain Ki hajar dewantara sangat aktif dalam menulis, Ia pun kerap selalu ikut pada beberapa organisasi sosial juga politik Budi Utomo. Berjalannya waktu, ia selanjutnya berkenalan dengan banyak tokoh penting yaitu Douwes Dekker juga dr. Cipto Mangunkusumo. Selanjutnya ketiganya mendirikan “Indische Partij “, yaitu pada 25 Desember tahun 1913, dengan tujuan bisa mencapai Negara Indonesia yang Merdeka. Tetapi, dimasa selanjutnya organisasi tersebut ditentang oleh Kolonial Hindia Belanda.

Tetapi, semua perjuangan masih terus berlanjut. Sekitar tahun 1913, ada sekitar 2 artikel dari hasil karya tangan Ki Hadjar Dewantara, yang sangat terkenal, yaitu ‘Als ik eens Nederlander was’ artinya Apabila Saya Seorang Belanda dan ‘Een voor Allen maar Ook Allen voor Een, artinya Satu Untuk Semua, Tapi Semua untuk Satu Juga.

Quote Ki Hadjar Dewantara:

‘Lawan Sastra Ngesti Mulya, artinya Dengan Ilmu Kita Menuju Kemuliaan) #KiHajarDewantara

‘Memayu Hayuning Sariro,,,,Memayu Hayuning Bangsa,,,,,Memayu hayuning Bawana,,,,, artinya Apapun Yang Di kerjakan Oleh Seseorang Itu, harusnya bisa Bermanfaat Bagi Dirinya Sendiri, Bermanfaat untuk Bangsanya, juga Bermanfaat Bagi Manusia Di Dunia Pada Umumnya #KiHajarDewantara

‘Ing ngarso sung tulodho, Ing madyo mangn karsa, Tut wuri Handayani #KiHajarDewantara

‘Hormatilah dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat juga sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tak mengganggu atau menghambat Persatuan Negara dan Bangsa Indonesia #KiHajarDewantara

‘Pendidikan dan pengajaran di dalam RI harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin juga keselamatan hidup lahir #KiHajarDewantara

Itulah di atas beberapa paparan singkat mengenai sejarah dari hari pendidikan nasional , Ayo kawan kita jangan lupa dengan sejarah bangsa indonesia Karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya .

Ayo Kirimkan berita unikmu  , berita yang menginspirasi ,  Gambar terlucu , Dan gambar-gambar yang kamu anggap keren di sini !!

Berikan komentar mu di bawah ya !  katakan “mbois”  kalo kamu anggap berita  diatas sangat keren dan menginspirasi 

Pencarian Terakhir Untuk Artikel Ini :

loading...