Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara !

1993 views

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara – Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan klub asal inggris yaitu leichester city, klub yang sama sekali tidak disangka-sangka kehadirannya dan tidak pernah di perhitungkan sebelumnya namun kurang dari 3 pertandingan jika mereka bisa memenangkannya maka mereka akan menjadi JUARA di kompetisi liga inggirs.

Kita ketahui bahwa liga inggris sangatlah kompetitif sekali, liga yang selalu menampilkan tontonan yang sangat luar biasa, namun sahabat muudu juga harus tahu juga klub-klub yang di luar dugaan yang mampu menjadi juara.

klub apa saja itu? penasaran, langsung saja inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara 

1. Nottingham Forest, 1977/78

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Nottingham Forest, 1977-78


Cerita Forest begitu luar biasa sehingga bahkan layak dijadikan sebuah Film sendiri. Seorang manajer karismatik mengambil alih tim yang terdampar di kasta kedua, membawa mereka promosi, menghadiahkan gelar juara Liga di musim perdana, dan berlanjut menguasai Eropa.
Brian Clough sebelumnya memang sudah memiliki catatan yang nyaris serupa dengan Derby, membawa tim ini meraih gelar Divisi Satu pada tahun 1972. Tapi bencana-44-hari di Leeds United membuat banyak yang tidak percaya ia bisa melakukan banyak hal untuk Forest yang sedang terdampar di posisi 13 pada kasta kedua Inggris. Di luar dugaan, pada musim perdana-nya, Clough sukses finis di posisi 3 dan mengembalikan Forest ke Divisi Utama. Apa yang terjadi selanjutnya adalah sesuatu yang luar biasa.

2. Hellas Verona, 1984/85

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Hellas Verona, 1984-85
Untuk para penonton kasual Serie A akan mengetahui dua fakta ini mengenai Hellas Verona: status tim ini sebagai salah satu tim yo-yo di Italia, dan Luca Toni bermain untuk mereka. Namun di pertengahan 80an, Verona secara luar biasa membangun tim yang sangat bagus, dengan nampu melewati segala ekspektasi dan berkompetisi dengan rival-rival yang (seharusnya) jauh lebih hebat.
Di bawah kepemimpinan Osvaldo Bagnoli, Verona berhasil mengalahkan Juventus-nya Platini, Inter-nya Rummenigge, dan Roma-nya Falcao untuk memenangkan Scudetto pertama – dan sejauh ini satu-satunya. Oh. Dan ada seseorang bernama Diego Maradona juga sedang menjalani musim perdana-nya di Napoli.
IHingga sekarang, prestasi ini masih disebut-sebut sebagai salah satu kejutan terbesar dalam sejarah sepakbola Italia.
3. Sampdoria, 1990/91

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Sampdoria, 1990-91
Apakah ada liga lain yang lebih glamor atau lebih kuat dari Serie A di masa-masa keemasan mereka? Dari akhir 1980an hingga akhir abad ke 20, calcio adalah sebuah cocktail yang sulit ditolak siapapun – yang terbentuk dari campuran bintang-bintang asing raksasa, treaquartista asli Italia, pelatih yang sangat berpengaruh, jersey yang penuh gaya, dan tim-tim berkualitas. Nyari sepanjang waktu, Juventus, Milan, Inter, Lazio, Parma, Fiorentina, dan Roma berganti merajai kompetisi. Tidak hanya di Italia, tapi juga di tanah Eropa. Itulah mengapa saat Sampdoria memenangi gelar di tahun 1991 terasa sangat menakjubkan.

4. Nantes, 1994/95

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Nantes, 1994-95

manajer Arsenal ini membandingkannya dengan masa-masa AS Monaco-nya di tahun 1995, ketika Nantes secara mengejutkan sukses menjadi juara Ligue 1.
“Kejadian semacam ini sudah terjadi sekali dalam hidup saya, ketika seorang teman, (Jean-Claude) Suaudeau melatih Nantes dan ia menghubungi saya di awal musim untuk meminjam salah seorang pemain di tim saya,” orang Perancis ini mengenang. “Saya berkata padanya bahwa saya tidak bisa memberikannya padanya karena saya membutuhkan pemain ini. Dia kemudian berkata, ‘Kamu tidak adil, karena saya akan degradasi musim ini. Mereka sudah menjual semua pemain dan saya sekarang tidak punya siapa-siapa lagi!’”

Ternyata, Susadeau tidak perlu khawatir soal degradasi. Duet Patrice Loco dan Nicolas Ouedec berbagi 40 gol, Nantes hanya kalah di satu pertandingan, dan finis di puncak dengan jarak 10 poin dari sang runner up ketika itu: Lyon.

5. Deportivo La Coruna, 1999/00

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Deportivo La Coruna, 1999-2000

Ada yang ingat masa-masa saat sebuah klub kecil dari sebuah kota di Spanyol berada di puncak sepakbola Eropa? Deportivo La Coruna mengabaikan segala keteraturan yang sudah terbentuk. Mereka memenangkan gelar, mereka juga berhasil melaju jauh di Liga Champions, dan melakukannya dengan gaya yang penuh petualangan di lapangan dan sangat sangat menghibur.
6.AZ Alkmaar, 2008/09

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu AZ Alkmaar, 2008-09

Pada awalnya, Van Gaal pindah ke Alkmaar di tahun 2005 untuk menghindari situasi penuh tekanan untuk dirinya di Barcelona. Bahkan mungkin ia sendiri pun tidak bisa membayangkan bahwa 4 tahun kemudian ia sukses meraih gelar –dan melakukannya dengan gaya yang jauh dari kebiasaannya: mengembangkan formasi 4-4-2 yang mengandalkan serangan balik dan tanpa memiliki pemain bintang satu pun.
AZ menjalani 28 pertandingan tanpa terkalahkan dan memastikan gelar dengan jarak 11 poin di puncak, melangkahi Twente-nya Steve McLaren dan salah satu bangsawan terbesar Liga Belanda: Ajax Amsterdam.

7. Montpellier, 2011/12

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Montpellier, 2011-2012

Montpellier secara luar biasa mendapatkan rekor poin sebanyak 82, sebagian besar dipengaruhi oleh 21 gol yang diciptakan Olivier Girou
Klub dengan bujet peringkat 13 di Ligue 1 ini memang dari awal diperkirakan akan finis di posisi yang cukup baik. Tapi jelas hanya sedikit yang membayangkan mereka bisa bersaing, apalagi mengalahkan, tim yang menghabiskan £82 juta di bursa transfer bulan Januari. Montpellier secara luar biasa mendapatkan rekor poin sebanyak 82, sebagian besar dipengaruhi oleh 21 gol yang diciptakan Olivier Giroud. Mereka harus menjalani pertandingan yang mendebarkan di pekan terakhir menghadapi Auxerre, sebelum akhirnya John Utaka menciptakan gol penentu untuk memberikan tim ini gelar yang nyaris mustahil.
Pertandingan tersebut sempat harus diperpanjang cukup lama karena ada masalah dengan para penonton yang hadir di Stadion, jadi Montpellier baru menyelesaikan musim mereka 41 menit setelah pertandingan PSG usai di Lorient. “Ini adalah malam yang paling panjang dalam hidup saya,” kenang sang pelatih, Remi Girard.
8.Atletico Madrid, 2013/14

Inilah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara yaitu Atletico Madrid, 2013-14
Selama satu dekade terakhir, gelar juara La Liga menjadi rebutan antara dua raksasa saja. Barcelona dan Real Madrid tidak hanya menjadi kekuatan yang dominan secara domestik, tapi juga mereka bergantian dinilai sebagai klub terbaik di dunia. Ditambah lagi, mereka juga memiliki dua pemain dengan label yang terbaik di Dunia. Belum lagi keuntungan finansial besar dari kontrak dengan televisi, dan juga deal dengan berbagai brand yang hanya bisa diimpikan oleh klub-klub lain di La Liga.

Di tahun 2014, tidak ada yang mengira Atletico Madrid akan mampu mengatasi segala ketidakseimbangan tersebut. Saat Diego Simeone kembali ke klub di mana ia bermain dengan penuh determinasi pada tahun 2012, mereka masih terdampar di papan tengah dan tidak terlihat akan berkembang dengan cepat. Enam bulan kemudian mereka memenangi gelar Europa League, kemudian membuang jauh-jauh rasa inferior yang dimiliki dengan mengalahkan sang rival sekota untuk pertama kalinya dalam 14 tahun terakhir. Hasilnya? Sebuah gelar Copa Del Rey di halaman belakang Los Blancos.
Hanya sedikit yang percaya tim ini bisa secara konsisten mengimbangi Madrid dan Barca dalam waktu 38 Pertandingan, tapi mereka malah mampu lebih dari sekedar mengimbangi. Dengan dorongan gol-gol Diego Costa, pertahanan yang amat sangat ketat, dan semangat yang tidak bisa dihancurka, Los Cochoneros datang ke Nou Camp di hari terakhir musim dengan hanya membutuhkan satu poin demi memastikan gelar juara.

Itulah 8 Klub Eropa yang Paling Tidak Terduga Menjadi Juara  . Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan para sahabat muudu tentang dunia sepak bola. Salam Muudu

source: fourfourtwo.com

Pencarian Terakhir Untuk Artikel Ini :

loading...