Cara dan Proses Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini Secara Baik

Cara dan Proses Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini Secara Baik – Komputer adalah salah satu bukti nyata kemajuan teknologi yang sangat cepat. Jika anak sahabat mulai tertarik untuk mengotak-atik komputer, maka jangan langsung dilarang. Perlu sahabat tau, ada beberapa keuntungan bagi anak sahabat belajar komputer sejah usia dini. Melihat perkembangan teknologi seperti sekarang ini, orang tua merasa perlu untuk memperkenalkan anak pada komputer sejak dini agar anak tidak tertinggal pesatnya perkembangan teknologi informasi. Namun begitu itu semua juga harus dalam pengawasan sahabat sebagai orang tua.

cara anak belajar komputer dengan baik dan benar


Cara dan Proses Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini Secara Baik
Lalu seberapa dini sebenarnya anak bisa mulai mengenal dunia komputer? Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti yang memberikan saran usia terbaik untuk anak memulai belajar komputer adalah di usia 3-4 tahun. Di usia ini, anak sudah dapat menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Jadi sahabat jangan heran jika beberapa kali pelajaran saja, anak-anak sahabat sudah mampu mengoperasikan aneka program sendiri.

Berikut keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak
1.  Meningkatkan keterampilan untuk belajar
Menurut penelitian, anak yang menggunakan komputer memiliki peforma akademis yang lebih baik di bandingkan anak yang masih belum menggunakan komputer.

2. Meningkatkan perkembangan kepribadian
Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, lalu memperbaikinya, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi oleh orang disekitarnya. Dengan itu semua, anak akan lebih terbiasa berani dalam mengambil resiko, serta memiliki sikap yang lebih percaya diri.

3. Menstimulasi kreativitas dan imajinasi
Kebanyakan program komputer meskipun sederhana namun akan terasa menantang bagi anak. Dari program komputer tadi, anak akan belajar mengidentifikasi masalah, melakukan analisa, serta memilih solusi terbaik untuk masalah tersebut. Batasan anaka dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

Selain memberikan manfaat yang besar kepada anak, komputer tentu saja memiliki dampak negatif tersendiri. Bisa jadi anak akan duduk terus didepan komputer seharian, tanpa melakukan interaksi dengan lingkungan luar. Jadi disinilah peran sahabat sebagai orang tua untuk menyeimbangkan antara kegiatan didepan komputer dengan kegiatan dengan lingkungan sekitar.

Itulah informasi tentang Cara dan Proses Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini Secara Baik. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat yang besar serta memberikan ilmu pengetahuan kepada para sahabat muudu semua. Salam pembelajaran, salam muudu.
Ayo Kirimkan berita unikmu, berita yang menginspirasi, gambar terlucu , dan gambar-gambar yang kamu anggap keren di sini !!
Berikan komentarmu di bawah ya! katakan “mbois” kalo kamu anggap berita diatas sangat keren dan menginspirasi

Pencarian Terakhir Untuk Artikel Ini :

loading...