3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang

1775 views

3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang – Tugas utama pilot pesawat terbang selain berhadapan langsung dengan alam yang tidak menentu, para pilot juga bertugas untuk menjaga keselamatan nyawa para penumpangnya. Dari sejumlah peristiwa kecelakaan pesawat yang terjadi, rupanya tidak seluruhnya berakhir dengan tragis. Seperti halnya dengan 3 pilot dibawah ini, mereka mampu menjadi penyelamat ratusan nyawa penumpang. Berikut 3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang.

1. Pilot Chesley ‘Sully’ Sullenberger

3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang (1)

Pilot Chesley ‘Sully’ Sullenberger merupakan salah satu pilot dari US Airways, sang pilot pensiun dari dunia penerbangan pada tahun 2010 silam. Nama ia terukir disejarah penerbangan dunia ketika berhasil menyelamatkan 155 penumpang pesawat dari kecelakaan maut. Ketika itu Sullenberberger pesawat US Airways 1549 yang ditungganginya menabrak gerombolan burung yang menyebabkan kedua mesinnya kekurangan tenaga. Dengan tenang Sullenberg mendaratkan pesawatnya di atas Sungai Hudson. Tak ada korban jiwa, aksi heroiknya menyelamatkan 155 penumpang dari maut.

2. Pilot Tadeusz Wrona

3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang (2)

Pilot berikutnya ada nama Pilot Tadeusz Wrona, pada tahun 2011 nama sang pilot menjadi heboh di daratan Amerika Serikat setelah berhasil mendaratkan pesawat Boing 767 dari New Wark, New Jersey, Amerika Serikat. Pada saat itu ia berhasil menyelamatkan 220 dan 11 kru tanpa roda pesawat. Saat mendarat api berkobar akibat gesekan langsung body pesawat dengan jalan. Asap pun mengebul. Tapi nyantanya pesawat yang ditungganginya berhasil selamat dan mendarat mulus. Presiden Direktur LOT Polish Airlines Bronislaw menyebut Wrona sebagai penyelamat.

3. Pilot Anwar Haryanto

3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang (3)

Sebelum Tadeusz Wrona mendaratkan Boeing 767 di Bandara Warsawa, Polandia, tanpa roda pada 1 November 2011, Kapten Anwar Haryanto melakukan hal serupa. Tepatnya, pilot Lion Air kelahiran Pati, 8 Juni 1960 itu mendaratkan pesawat MD-90 di Bandara Hang Nadim, Batam, pada 23 Februari 2009 tanpa roda depan.

Sebelum melakukan pendaratan tanpa roda depan, pesawat dengan nomer penerbangan JT-97 berputar-putar di udara selama satu setengah jam. Petugas pemadam kebakaran sudah siaga di bandara. Pendaratan tanpa nose gear, sedangkan main gear tetap berfungsi. Pendaratan bergeser ke posisi kiri runway, terjadi percikan api saat pendaratan. Begitu mendarat, petugas pemadam langsung menyemprotkan air guna mencegah kebakaran. Bandara langsung ditutup karena runway tidak dapat digunakan. Para penumpang langsung dievakuasi ke terminal penumpang.

Itulah 3 Pilot Penyelamat Ratusan Nyawa Penumpang, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan para sahabat semua tentang dunia penerbangan. Dan selain 3 pilot tersebut di atas, masih banyak lagi pilot-pilot hebat yang mampu menyelamatkan banyak penumpangnya. Salam muudu.

Ayo Kirimkan berita unikmu , berita yang menginspirasi , Gambar terlucu , Dan gambar-gambar yang kamu anggap keren di sini !!
Berikan komentar mu di bawah ya ! katakan “mbois” kalo kamu anggap berita diatas sangat keren dan menginspirasi

Source :
http://www.anehdidunia.com/

loading...