10 Negara Korban Sanksi FIFA

1019 views

10 Negara Korban Sanksi FIFA – Sanksi FIFA menjadi salah satu kata yang sering disebut oleh masyarakat indonesia beberapa akhir ini. Hal ini terkait dengan pembekuan PSSI oleh Menpora Imam Nahrawi. Namun tahukan anda jika bukan hanya Indonesia saja yang pernah merasakan sanksi federasi sepakbola dunia ini terkait intervensi pemerintah. Berikut ada 10 Negara Korban Sanksi FIFA, yang berhasil di kutip oleh Muudu.com :

1. Afrika Selatan

logo afrika selatan

 

Negara Pertama yang mendapatkan sanksi dari FIFA adalah Afrika Selatan. Negara ini mendapatkan sanksi pada tahun 1961, hal ini terkait dengan kasus rasial di Afrika Selatan. Tetapi sanksi itu dibatalkan oleh Presiden FIFA saat ini, Sir Stanley Rous, saat melakukan kunjungan negara bersama komisi investigasi tahap dua.

Dan hal yang paling berat adalah ketika FASA (Afrika Selatan) dikeluarkan sebagai anggota FIFA pada tahun 1976 lantaran tidak mau mengikuti kemauan FIFA. Namun mereka kembali diterima sebagai anggota FIFA setelah politik apartheid dihilangkan pada tahun 1992.

2. Yunani

yunani
FIFA memberikan hukuman kepada federasi sepakbola Yunani (EPO) dari keikutsertaan pada kompetisi internasional karena adanya dugaan politisasi sepakbola dinegara para dewa tersebut. Hukuman tersebut di cabut setelah EPO memenuhi statuta FIFA. Setelah menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan, akhirnya FIFA mencabut sanksi terhadap Yunani.

3. Kuwait

negara yang di sanksi fifa
Federasi Sepakbola dunia FIFA menghukum federasi sepak bola Kuwait (KFA) untuk tidak bertanding dalam pertandingan internasional karena intervensi oleh pemerintah. Setelah proses pemilihan ulang pada 9 oktober 2007, FIFA mencabut sanksi itu pada 15 November 2007.

4. Brunei Darussalam

brunai darussalam
FIFA menghukum Brunei Darussalam pada 2009. Hukuman diberikan setelah adanya intervensi dari pemerintah, seperti halnya yang terjadi di kuwait. Jadi selama masa hukuman, Brunei Darussalam tidak boleh berpartisipasi dalam ajang internasional. Sanksi tersebut dicabut pada tanggal 30 mei 2011.

5. Peru

peru
Sepak bola peru juga pernah dikucilkan oleh FIFA, hal ini terkait tidak diakuinya Manuel Burga sebagai Presiden federasi sepak bola Peru (DFF) melalui kongres pemilihan 25 november 2008. Hal ini juga mempengarui peru sebagai tuan rumah Copa america U-20, selain itu klub-klub lokal juga dilarang untuk mengikuti pertandingan Copa Libertadores. Bukan hanya klub dan pemain saja yang medapatkan sanksi ini, wasit-wasit asal Peru juga dilarang untuk memimpin pertandingan internasional. FIFA esendiri mencabut sanksi itu setelah satu bulan berjalan, yakni tanggal 20 desember 2008.

6. Iran

negara yang mendapatkan sanksi fifa

Kasus yang sama seperti halnya beberapa negara di atas, intervensi pemerintah kembali memaksa federasi sepakbola Dunia FIFA untuk memberikan larangan kepada Iran untuk bermain di ajang internasional. Namun kasusnya di Iran adalah keikutsertaan pemerintah dalam proses pemilihan Presiden federasi sepakbola Iran (IRIFF). FIFA sendiri mencabut sanksi itu setelah IRIFF sukses menggelar pemilihan ulang.

7. Nigeria

negara korban sanksi fifa

Tahun 2010 FIFA memberikan sanksi akibat intervensi pemerintah dalam pengelolaan sepak bola di negara tersebut. Namun sanksi tersebut hanya bertahan empat hari saja setelah Sekretaris Jendral NFF (Komite Olahraga Nasional Nogeria) memberikan intruksi kepada Menteri Olahrga untuk menghapus degradasi di liga Nigeria. Namun Nigeria kembali disanksi FIFA pada Juli tahun lalu setelah pemerintahan memecat Presiden federasi sepak bola Nigeria. Imbasnya, Nigeria tidak boleh berpartisipasi pada kualifikasi Piala Afrika 2015.

8. Ethiopia

negara dibekukan oleh FIFA
Mundur sekitar 7 tahun kebelakang, FIFA juga mengsaksi federasi sepak bola Ethiopia (EFF) karena pemerintah memecat Presiden EFF. Ethiopia kemudian dikeluarkan dari kualifikasi Piala Dunia 2010 meski sudah bermain empat kali. FIFA sendiri mencabut sanksi tersebut pada November 2008 setelah presiden EFF yang baru terpilih, melalui supervisi FIFA dan VAF.

9. Irak

Iraq_football_association
Pada 20 November 2009 FIFA kembali membekukan satu negara anggotanya, yaitu Irak. Irak sendiri mendapat sanksi karena intervensi pemerintah. federasi sepakbola Irak (IFA) tidak mendapatkan bantuan dari FIFA yang hal ini kemudian berimbas juga pada nasib Tim Nasional.

10. Indonesia

indonesia
Dunia sepak bola Indonesia berada pada titik paling buruk, setelah pada tanggal 30 Mei 2015 melalui sidang Ecxo, FIFA membekukkan PSSI karena pemerintah dianggap intervensi kedaulatan PSSI setelah ikut tentukan peserta kompetisi. Intervensi ini berlanjut dengan keluarnya surat keputusan pembekuan PSSI oleh Menpora Imam Nahrawi pada 17 April lalu. FIFA sendiri jauh sebelum memberikan sanksi kepada Indonesia sudah memberikan empat syarat agar pembekuan dicabut. Salah satunya adalah pencabutan SK pembekuan Menpora bernomor 01307 tahun 2015.

Itulah 10 Negara Korban Sanksi FIFA yang diberikan muudu.com. Disini dapat disimpulkan bahwa, peran pemerintah dalam menjaga kualitas kompetisi sepakbola memang penting namun harus mengetahui batasan-batasan yang memang sudah ditentukan oleh statuta FIFA.

 

Ayo Kirimkan berita unikmu  , berita yang menginspirasi ,  Gambar terlucu , Dan gambar-gambar yang kamu anggap keren di sini !!

Berikan komentar mu di bawah ya !  katakan “mbois”  kalo kamu anggap berita  diatas sangat keren dan menginspirasi

 

source:
radarpena.com

loading...