10 Lukisan Termahal Di Dunia

2960 views

10 Lukisan Termahal Di Dunia – Lukisan adalah salah satu seni menggambar yang perlu dilakukan dengan teknik khusus dan dengan peralatan khusus , kita juga sering menjumpai beberapa lukisan yang mungkin menempel di dinding rumah kita sendiri atau mungkin kita pernah melihat lukisan di pameran pameran .

Tentu harga sebuah lukisan bisa ditentukan dengan bagusnya lukisan tersebut dan tingkat kesulitan dari sebuah lukisan tersebut , atau mungkin Harga sebuah lukisan bisa terbilang tinggi jika mengandung sebuah arti misal tentang sebuah tragedi , peristiwa atau pun yang lainnya .

Tahukah sahabat muudu lukisan termahal di dunia , mungkin kita juga sering bertanya-tanya lukisan seperti apa yang menjadi lukisan termahal di dunia . Baiklah daripada kita semakin penasaran , mari kita simak informasi di bawah ini .

Inilah 10 Lukisan Termahal Di Dunia  

1. JACKSON POLLOCK

lukisan Nomor 5, 1948 lukisan termahal di dunia

Judul lukisan : “Nomor 5, 1948″, 1948
Harga : $ 140 Million
Penjual: David Geffen.
Pembeli: Tidak diketahui (dikabarkan akan pengusaha Meksiko David Martinez)
Jackson Pollock
Menurut New York Times tanggal 2 November 2006, lukisan Jackson Pollock dijual oleh David Geffen kepada David Martinez seharga $ 140 million, peristiwa ini tidak pernah di konfirmasi. Dengan harga yang selangit ini tidak hanya menunjukkan kekuatan pasar seni tetapi juga meningkatnya minat bagi karya-karya kontemporer Art. Paul Jackson Pollock (28 Januari 1912 – 11 Agustus 1956) adalah seorang pelukis Amerika Serikat yang cukup berpengaruh dan merupakan tokoh utama dalam gerakan abstrak ekspresionis. Ia meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di dekat rumahnya di Long Island, New York. Setidaknya ada 30 karya yang telah dihasilkannya. Lukisan dengan judul Number 5 (4ft x 8ft) tahun 1948 menjadi lukisan dengan harga termahal. Number 5, 1948 beraliran ekspresionis abstrak. Lukisan ini dikerjakan pada 8 ‘x 4′ lembar papan serat, dengan warna-warni yang beragam, membentuk penampilan seperti sarang. Number 5, 1948 sempat ditampilkan di Museum of Modern Art, sebuah museum seni yang berlokasi di Midtown Manhattan di New York City.

2. WILLEM DE KOONING

lukisan Woman III lukisan termahal di dunia

Judul : Woman III, 1952 – 1953
Harga : $ 137.5 Million
Penjual : David Geffen
Pembeli : Steven Cohen
Woman III
Dibawah Pollock ada Willem De Kooning yang lukisannya terjual dengan harga yang mahal. Willem de Kooning (24 April 1904 – 19 Maret 1997) adalah seorang seniman Belanda abstrak ekspresionis yang lahir di Rotterdam. Woman III adalah salah satu dari serangkaian enam lukisan karya Kooning de dilakukan antara tahun 1951 dan 1953 di mana tema sentral adalah seorang perempuan. Dari 70-an sampai 1994 lukisan ini merupakan bagian dari Teheran koleksi Museum Seni Kontemporer. Tetapi setelah revolusi pada tahun 1979, lukisan ini tidak dapat ditampilkan karena aturan ketat yang ditetapkan oleh pemerintah tentang seni visual dan apa yang mereka menggambarkan. Akhirnya, pada tahun 1994 itu diam-diam diperdagangkan oleh Thomas Ammann untuk David Geffen. Pada bulan November 2006, lukisan itu dijual oleh David Geffen untuk miliarder Steven A. Cohen sebesar $ 137.500.000, sehingga lukisan yang paling mahal kedua yang pernah dijual. Di tahun 1980an lukisan Kooning sedikit mengalami perubahan, menjadi lebih bersih, jarang dan hampir grafis. Ada spekulasi bahwa karya-karyanya yang terakhir menyajikan sebuah arah baru kompleksitas komposisi dan penjajaran warna. Ada yang berpendapat bahwa kondisi mental dan alkohol telah membuat dia tidak mampu melakukan penguasaan yang ditunjukkan dalam karya-karya awalnya.

3. GUSTAV KLIMT

lukisan Adele Bloch-bauer I lukisan termahal di dunia

Judul : “Adele Bloch-bauer I”, 1907
Harga : $ 135 Million
Penjual : Unkwon
Pembeli : Ronald Lauder
Adele Bloch-bauer I
Adele Bloch-Bauer I, diselesaikan Klimt pada tahun 1907. Berdasarkan laporan pers terjual dengan harga $ 135 Million untuk Ronald Lauder untuk galerinya Neue Galerie di New York City pada bulan Juni 2006 dan telah dipajang mulai Juli 2006. Klimt memerlukan tiga tahun untuk menyelesaikan lukisan ini, Ukurannya 138 x 138 cm dan terbuat dari minyak dan emas di atas kanvas, menunjukkan ornamentasi rumit dan kompleks. Adele Bloch-Bauer menjadi satu-satunya model yang dilukis dua kali oleh Klimt ketika ia menyelesaikan sebuah gambar kedua-nya, Adele Bloch-Bauer II, pada tahun 1912. Gustav Klimt (14 Juli 1862 – 6 Februari 1918) adalah seorang pelukis Austria simbolis dan salah satu anggota yang paling menonjol dari gerakan Secession Wina. Masterpiecenya tidak hanya lukisan tetapi juga mural, sketsa, dan benda seni lainnya. Subjek utama Klimt adalah tubuh wanita.

4. PABLO PICASSO

lukisan Nude, Green Leaves and Bust lukisan termahal di dunia

Judul : “Nude, Green Leaves and Bust”, 1932
Harga : $106.5 million
Penjual : Christie’s New York , May 2010.
Pembeli : Frances Brody
Picasso Painting
Nude, Green Leaves and Bust, 1932 merupakan salah satu serangkaian karya catnya dengan modelnya Marie Walter. Dengan kanvas berukuran kurang lebih lima meter di dominasi warna biru dan ungu muda. Lukisan itu dalam koleksi pribadi kolektor seni Los Angeles Sidney dan Frances Brody selama hampir enam dasawarsa, dijual di lelang seharga US $ 106.500.000. Pablo Picasso (25 Oktober 1881 – 8 April 1973) adalah seorang pelukis Spanyol, penggambar, dan pematung yang hidup sebagian besar kehidupan dewasanya di Prancis. Picasso menunjukkan bakat artistik luar biasa dengan, melukis secara realistis sejak masa kanak-kanak dan remaja. Selama satu dekade pertama di abad ke-20 gayanya berubah saat ia bereksperimen dengan teori yang berbeda, teknik, dan ide. Prestasi seni revolusionernya membawanya terkenal dan keberuntungan besar sepanjang hidupnya, dan membuatnya menjadi salah satu tokoh paling terkenal dalam seni abad ke-20.

 

5. PABLO PICASSO

lukisan Garçon a la pipe lukisan termahal di dunia

Judul : “Garçon a la pipe”, 1904
Harga : $ 104.1 Million
Penjual : Sotheby’s New York , May 2004.
Pembeli : Guido Barilla
Boy With a Pipe
“Garçon a la pipe”, 1904 (Boy With a Pipe) dilukis pada tahun 1905 ketika Picasso berusia 24 tahun, lukisan kanvas menggambarkan seorang anak laki-laki Paris memegang pipa di tangan kiri dan mengenakan mahkota bunga. Lukisan itu pertama dibeli oleh John Hay Whitney pada tahun 1950 sebesar US $ 30.000. Pada tanggal 5 Mei 2004 lukisan itu dijual dengan harga US $ 104.168.000 pada lelang Sotheby’s di New York City. Sotheby’s tidak mengatakan yang membeli lukisan itu. Namun, sumber mengatakan bahwa itu Guido Barilla, pemilik Grup Barilla yang membeli lukisan. Pada saat itu, memecahkan rekor untuk jumlah yang dibayarkan untuk dilelang lukisan

 

6. ANDY WARHOL

lukisan Eight Elvises lukisan termahal didunia

Judul : “Eight Elvises”, 1963
Harga : $100 million
Penjual : Annibale Berlingieri
Pembeli : Philippe Ségalot
Andy Warhol
Dilaporkan The Economist pada tanggal 26 November 2009, lukisan dengan objek selebritis popular di abad 20, “King of Rock and Roll” Elvis Presley, terjual dengan harga yang fantastis $100 Million oleh kolektor Italia Annibale Berlingieri kepada kolektor asal Perancis, Philippe Ségalot. Adrew Warhola aka Andy Warhol sendiri adalah pria yang multi talent, selain sebagai pelukis terkenal, Andy juga piawai dalam menulis, sutradara film, produser rekaman. Karirnya sukses dengan diawali sebagai illustrator komersial. Eight Elvises adalah karyanya yang termasuk berharga mahal, yang bisa disejajarkan dengan Jackson Pollock, Pablo Picasso, Vincent van Gogh.

7. PABLO PICASSO

lukisan Dora Maar au Chat lukisan termahal di dunia

Judul : “Dora Maar au Chat” 1941
Harga : $95.2 Million
Penjual : Sotheby’s
Pembeli : Unknown
Picasso Painting
Pablo Picasso adalah tokoh yang sangat terkenal di abad 20, dengan mengusung aliran Kubisme dalam lukisannya. Karya-karyanya sebagian besar menggunakan manusia sebagai objek lukisannya terutama wanita. Masa kecil hingga remajanya dihabiskan di Perancis dan selama Perang Dunia II pada saat Jerman menduduki kota di Perancis. Gaya lukisan Picasso bertentangan dengan selera seni para Nazi pada saat itu, sehingga selama itu Picasso tidak dapat menunjukkan hasil karya. Sedangkan Dora Maar, wanita yang dilukis Picasso adalah seorang fotografer dan pelukis Perancis dan diketahui sebagai teman dekat atau kekasih Picasso.

 

8. TITIAN

lukisan Diana and Actaeon lukisan termahal di dunia

Judul : “Diana and Actaeon”, 1556-1559
Harga : $91 Million
Penjual : Private sale, February 2009. B
Pembeli : United Kingdom
Titian Self Portrait
Lukisan tua ini dibuat oleh Tiziano Vecellio atau Titian adalah seorang pelukis Italia di abad 16. Lukisan ini menceritakan tentang Diana yang bertemu dengan Actaeon. Titian gemar mengangkat tema mitologis dan agama dalam karyanya. Metode, penggunaan warna serta aplikasinya mempunyai pengaruh besar tidak hanya pada pelukis Renaisans Italia, tetapi pada generasi masa depan seni Barat

9. GUSTAV KLIMT

lukisan Adele Bloch-bauer II lukisan termahal di dunia

Judul : “Adele Bloch-bauer II “, 1912
Harga : $87.9 Million
Penjual : Christie’s New York , November 2006.
Pembeli : Unknown
Adele Bloch-bauer II
Lukisan bertema wanita yang anggun diselesaikan Gustav Klimt pada tahun 1907. Memerlukan tiga tahun untuk menyelesaikan karya ini, Adele Bloch-Bauer satu-satunya model Klimt yang pernah dilukis sebanyak dua kali, ia adalah istri dari Ferdinand Bloch-Bauer yang merupakan pengusaha kaya dan sangat mencintai serta mengagumi karya-karya seni khususnya Gustav Klimt. Bahkan “Adele Bloch-Bauer I” disempurnakan menjadi “Adele Bloch-Bauer II” dengan dukungan penuh Ferdinand Bloch-Bauer.

10. FRANCIS BACON

lukisan Tryptich lukisan termahal di dunia

 

Judul : “Tryptich” 1976
Harga : $86.3 Million
Penjual : Sotheby’s New York
Pembeli : European Private
Francis Bacon
Lukisan yang bertema tragis, tentang kematian seorang teman bernama Dyer yang bunuh diri setelah overdosis pil, diselesaikan pada tahun 1973 oleh Francis Bacon seorang seniman kelahiran Irlandia. Francis Bacon adalah pelukis figurative, karya-karyanya sangat bercitra kuat, keras, grafis dan emosional baku. Bacon memulai karir melukisnya pada umur 20an, sebelumnya Bacon menggeluti dunia dekorasi interior, furniture desainer dan karpet. Bacon bertemu dengan Dyer pada 1964, Dyer adalah seorang pemuda dengan perangai yang buruk, pemabuk dan temperamen dan diakhir hidupnya Dyer memilih untuk bunuh diri. Kejadian ini memunculkan ide bagi Bacon untuk dituangkan dalam kanvasnya.

Itulah Diatas Informasi Tentang  10 Lukisan Termahal Di Dunia     , semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda .

Ayo Kirimkan berita unikmu  , berita yang menginspirasi ,  Gambar terlucu , Dan gambar-gambar yang kamu anggap keren di sini !!

Berikan komentar mu di bawah ya !  katakan “mbois”  kalo kamu anggap berita  diatas sangat keren dan menginspirasi

source :

http://einweirsinfo.blogspot.com

Pencarian Terakhir Untuk Artikel Ini :

loading...